6 Alasan Orang Tidak Jadi Beli Produk Bisnis Anda

Kalau kita membicarakan soal bisnis, itu nggak akan habis-habis deh pokoknya.
AKan selalu ada saja hal baru yang dipelajari.

Maka bersyukurlah mereka yang diberikan kelapangan waktu untuk belajar ilmunya.
Asalkan ilmunya dipraktikkan, InsyaAllah bisnisnya akan berkembang. InsyaAllah penghasilan semakin meningkat.

Nah, kali ini saya akan membagikan tips penjualan kepada Anda. Yang mana, apabila dipraktikkan, InsyaAllah bikin jualan Anda laris manis.

“Yaitu kenapa orang lain tidak membeli produk yang kita tawarkan?”

Nah lo, ayo kenapa??

Pernahkah Anda merasakan ini?

– Menurut kita iklannya sudah bagus.
– Produknya memikat hati.
– Penawarannya sudah menarik.
– Bonusnya sudah melimpah.
– Harganya sudah pas.

Tapi kok, pas promosi,

jangankan dapat pembeli . . . yang tanya-tanya aja gak ada, hehe.

Kenapa hal ini bisa terjadi??

Banyak orang saat ingin memperbaiki sektor penjulannya, mereka mempelajari hal-hal teknis.
Seperti teknik iklan, bagaimana cara menulis kalimat promosi yang effektif, tools-tools dan teman-temannya, hehe

Maaf,
Belajar hal tersebut bagus-bagus saja, tetapi alangkah baiknya, sebelum itu ketahui dulu ALASAN UTAMA kenapa orang tidak mau membeli produk Anda.

Pada dasarnya Teknik atau Tools akan memperbesar hasil jualan. Tapi jika masalah utamanya belum beres, maka selama itu juga jualan kita tidak akan pernah beres. .

Jadi, selesaikan masalah utamanya dulu.

lalu, apa tuh masalahnya Mas Fahri?

Menurut guru Saya, ada 2 alasan utama kenapa seseorang gagal menjual sesuatu.

Pertama. .
Menawarkan ke orang yang salah.

orang yang ditawari gak butuh produknya.
orang yang ditawari bukanl orang yang mampu membayar produknya.
Promosinya ke orang yang tidak seharusnya pakai produk yang ditawarkan.

Mau sampai ubanan kalau itu masalahnya, wajar gak akan ketemu pembeli. . Ups.

Kedua. . .
Terburu-buru jualan sebelum dapat kepercayaan.

Perlu digarisbawahi …

Bedakan jualan dengan ngerebus mie instan ya.
Jualan itu butuh proses, nggak sekonyomng-konyong 3 menit langsung laris manis, hehe.

Apabila Anda melihat ada yang jualan dan hasilnya wowwing.
Itu disebabkan sebelumnya mereka membangun kepercayaan dengan calon pembelinya.

Cobadeh pikirkan. .
Apakah Anda mau  membeli sesuatu ke orang yang tidak dipercaya??

Nggak lah.

Sama, semua orang juga gitu, hehe. .

Nah, ini masih ada 4 alasan lagi yang membuat orang nggak jadi beli produk kita:

Alasan ketiga,
Produknya bisa dapat di tempat lain. .

Jangan pakai kaca mata kuda saat menjual sesuatu, sehingga merasa Anda adalah satu-satunya penjual.

Sadarilah. .
Pembeli bisa bebas memilih penjualnya, sama seperti saat kita belanja, bebas mau beli di toko manapun.

Keempat. .
Saat promosi, tidak ada yang nyimak.

Bisa jadi karena media promosi kitanya yang salah.
Target pasar banyak berkumpul di Instagram, eh kita promosinya malah di Telegram. Ya nggak ketemu lah! hehe

Atau bisa juga karena waktu promosinya salah.
Orang-orang lagi pada bobo cantik, maksa promosi pagi buta, pukul 02.00 dini hari.
Hm. . .

Atau bisa juga karena lokasi bisnisnya salah.
Target pasarnya anak kuliahan, bukannya jualan dekat kampus, malah jualan dekat kuburan. ups…

Kelima
Calon pembeli tidak paham produk yang dijual.

Biasanya karena terbawa nafsu.
Semua hal tidak penting masuk dalam script promosi, yang penting-penting malah terlewatkan. Yang mestinya target pasar dapat penjelasan manfaat dan keuntungan yang mereka dapat dari produk kita, eh kitanya cuma bahas bahwa “Mobil ini rodanya empat, bahannya terbaik. Spionnya canggih bisa digerakkan secara elektrik dari dalam.”

Mestinya kan menyampaikan keuntungannya. Misal: “Alphard ini beda banget dengan mobil lainnya, Mas. Dengan fasilitasnya yang lengkap dan penampilannya yang mewah, Anda bisa dengan bangga dan percaya diri ketika hendak bertemu dengan klien bisnis Anda.”

Prinsipnya. .
Selama prospek tidak paham manfaat produk yang di tawarkan, maka mereka tidak akan mau keluar uang.

Bukan mereka pelit.
Salahnya tuh di kita, hehe

Menjelaskan manfaat dan keuntungannya kepada calon pembeli, itu lebih utama dari pada mengabsen daftar fitur produknya hehe.

Terakhir. .
Penjualnya tidak memberi alasan kenapa harus beli sekarang.

Karena tidak ada alasanya, prospek yang tertarik bebas menunda-nunda.

Tunda saja terus sampai lebaran tahun depan. .

Padahal dalam jual beli,
Ditunda sama dengan gak jadi. . Hehe

Nah, sudah paham kenapa ada yang jualan laris dan ada yang hasil jualannya miris?

Begitulah,
Ini alasan kenapa orang tidak membeli produk kita.

  1. Menawarkan ke orang yang salah
  2. Terburu-buru jualan sebelum ada kepercayaan
  3. Produk tetangga lebih menarik
  4. Tidak ada yang nyimak iklannya
  5. Calon pembelinya gagal paham
  6. Tidak ada alasan kenapa harus beli sekarang

Lantas solusinya apa?

Singkat saja ya

1. Petakan siapa target pasar kita, yang mungkin tertarik dan punya kemampuan bayar. Jualannya ke mereka, jangan ke yang lain.

2. Bangun kepercayaan, sebelum jualan. Cara termudah adalah dengan sering-sering interaksi. .

3. Berikan penawaran spesial, dan pastikan penawaran itu hanya Anda yang bisa berikan.

4. Promosi di media yang tepat, di waktu yang tepat, dan kumpulkan prospek sebanyak-banyaknya.

5. Sederhanakan bahasa Anda. Tuliskan poin-poin penting dari produk Anda, dan tonjolkan itu.

6. Berikan batasan. Bisa batasan jumlah, bisa batasan waktu. Selama tidak ada batasannya, calon pembeli bebas menunda-nunda.

Semoga bermanfaat ya.

Jika ini bermanfaat share ya.


NB:

Saya juga rutin sharing tips bisnis via aplikasi Telegram di t.me/TajirFBM

Ada ebook gratis yang sangat lengkap mengulas tips sukses jualan online lho di sana.

Yuk gabung, sebelum saya hapus linknya hehe.

Komentar Pakai FB

Leave a Reply